Baru Setahun Dipakai, Gedung Dukcapil Runtuh

KLATEN, KRJOGJ.com – Baru sekitar setahun ditempati, bagian gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Klaten ambrol, Minggu (24/11) sore. Beruntung sejumlah karyawan yang piket pada hari tersebut sudah pulang, sehingga selamat. 

Namun demikian tiga unit mesin foto copy milik Perusda, satu unir komputer milik Dukcapil dan dua unit sepedamotor milik pekerja pembangunan gedung DPRD hancur. Pantauan KRJOGJ.com di lokasi, material reruntuhan kanopi dan atap gedung masih berserakan memanjang di sisi gedung bagian barat dan selatan. Di sekitar gedung juga dipasang garis polisi. 

Karyawan Dukcapil, Aris mengatakan, pada Hari Minggu sejumlah karyawan melakukan piket hingga sekitar pukul 14.00 WIB. Bahkan ia juga memarkir kendaraan di bawah atap gedung sisi barat. “Beruntung kami sudah pulang, kalau terlambat, misal pas sedang ambil sepedamotor, bisa kena runtuhan bangunan juga. Kami lihat di CCTV, kejadianya itu cepat sekali,” kata Aris.

Kepala Dinas Dukcapil Klaten Sri Winoto mengemukakan, pasca kejadian, pada malam hari langsung dilakukan rapat lintas sektoral, dan kejadian itu juga langsung dilaporkan pada Bupati. Bupati menegaskan agar gedung tersebut dikosongkan.

Sehubungan hal itu, untuk sementara pelayanan kemarin dipindahkan di halaman kantor. Untuk selanjutnya pelayanan Dukcapil akan menggunakan tempat di gedung Bappeda. (Sit)

BERITA REKOMENDASI