Baznas Klaten Rehab 50 Unit Rumah Warga Miskin

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Klaten menyalurkan zakat untuk fakir miskin di Kecamatan Cawas dan Kecamatan Bayat. Program kemanusiaan ini berupa rehabilitasi rumah tak layak huni (RTLH).

Ketua Baznas Kabupaten Klaten, Wibowo Mukti Harjo mengatakan total ada 50 unit rumah yang dapat bantuan rehabilitasi. Rinciannya di Kecamatan Bayat ada 15 unit rumah dan di Kecamatan Cawas ada 35 unit rumah dimana bantuan diwujudkan dalam bentuk uang.

“Uang Rp 5 juta untuk masing-masing penerima dan yang diberikan 50 persennya dulu. Kemudian itu segera dikerjakan dan dilaporkan, jika sudah habis ajukan lagi dan yang separuh sisanya diberikan. Mudah-mudahan sebulan sudah selesai,” ujar Wibowo usai penyaluran zakat di Kantor Desa Karangasem Cawas, Rabu (30/9/2020).

Dijelaskan dalam proses rehab RTLH dikerjakan secara gotong-royong yang dipimpin oleh ketua RW dan takmir setempat. Ia berharap bantuan yang disalurkan ini bisa bermanfaat untuk warga.

“Total zakat di Klaten dalam setahun ada sekitar Rp 4 miliar. Kami mengajak masyarakat terutama para aparatur sipil negara (ASN) untuk gemar berzakat. ASN harus ditingkatkan karena saat ini baru 30 persen dari pengumpulan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko mengapresiasi pelaksanaan penyaluran zakat oleh Baznas Klaten. “Baznas sangat baik, prosentase pembagian juga sangat baik. Saya mengimbau khususnya warga ASN untuk tertib berzakat,” ujarnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI