Belajar Ditengah Pandemi, Siswa Peserta Uji Coba PTM Dibatasi

Warsini mengatakan, untuk siswa kelas VII tingkat SMP dan MTS tetap belajar di rumah secara online. Mereka belum ikut uji coba PTM di sekolah karena merupakan siswa baru ditingkat SMP dan MTS setelah sebelumnya naik dari kelas VI SD. Sedangkan untuk siswa kelas XII mereka dianggap sudah mampu dan setelah ini akan lulus untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA, SMK dan MA.

“Masih menunggu evaluasi setelah ini. Kemungkinan pada uji coba PTM di sekolah setiap kecamatan masih memakai siswa kelas VIII. Tapi apakah siswa kelas VII dan IX akan ikut kami masih menunggu kebijakan dari pemerintah provinsi dan Pemkab Sukoharjo,” lanjutnya.

Warsini menjelaskan, pada awal akan melaksanakan uji coba PTM sekolah sempat mengalami masalah. Sebab ada kekhawatiran besar dari orang tua terkait penyebaran virus Corona di sekolah. Namun setelah mendapat penjelasan dan sosialisasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo akhirnya para orang tua murid bersedia.

“Orang tua murid sudah membuat surat pernyataan memberikan izin pada anak atau siswa ikut uji coba PTM. Sosialisasi ini juga akan diteruskan nanti saat uji coba PTM ditambah di sekolah setiap kecamatan,” lanjutnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo nantinya juga akan mengevaluasi mengenai durasi waktu uji coba PTM selama 11 hari. Sebab dikatakan Warsini ada kemungkinan durasi waktu ditambah sebagai bagian dari persiapan sekolah normal kembali beraktifitas.

“Kami juga koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo. Apabila status zona sudah hijau dan kasus virus Corona sudah tidak ada maka PTM bisa saja diterapkan atau minimal uji coba PTM durasi waktunya ditambah lebih dari 11 hari. Kami masih menunggu kebijakan Pemkab Sukoharjo,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI