Berat Bayar Bulanan, Mobil Rental Digadaikan

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Tim Sapu Jagad Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Boyolali mengamankan Iwan Setyo Nugroho (32) warga Mojosongo Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah karena dugaan terlibat tindak pidana penggelapan mobil rental. Pelaku berhasil ditangkap di Boyolali, sedangkan mobil rental dtemukan di Purbalingga Jawa Tengah.

Kasus ini bermula pada Maret 2020 pelaku menyewa mobil Toyota Kijang Inova AD-8788-GM warna putih milik Purwo Sudibyo (42) warga Banaran Boyolali. Menurut keterangan yang didapatkan polisi, alasan pelaku menggadaikan mobil tersebut kesulitan membayar uang sewa mobil karena masalah ekonomi.

“Jadi awal tahun 2020 pembayaran sewa berjalan lancar, pelaku menyewa mobil tersebut dengan harga Rp 8 juta per bulan. Karena kesulitan ekonomi menginjak tahun 2021 pembayara mobil mulai tersendat dan tidak dibayar. Setelah korban tidak mendapatkan uang sewa, korban melaporkan kasus tersebut ke Polres Boyolali,” ujar Iptu Wikan Sri Kadiyono mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond di ruang kerjanya, Selasa (23/02/2021).

Setelah mendapatkan laporan dari korban, Tim Sapu Jagad melakukan penyelidikan dan pelaku berhasil ditangkap pada hari Jumat (15/2/2021) di wilayah kabupaten setempat. Sementara untuk unit mobil yang digadaikan oleh pelaku berhasil ditemukan di daerah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

“Mobil yang disewa pelaku digadaikan di Salatiga sejak bulan Agustus 2020 lalu, senilai Rp 20 juta. Namun,mobil tersebut sedang dipinjam orang lain pergi ke Purbalingga,” tambahnya.

Atas perbuatannya, pelaku harus mendekam di penjara dan dijerat Pasal 372 KUHP tentang Tindak Pidana Penggelapan dengan ancaman hukuman penjara maksimal Empat tahun. Sebagai barang bukti,polisi mengamankan mobil Kijang Inova warna putih,” pungkasnya. (*_1/Sit)

BERITA REKOMENDASI