Berkonsep Futuristik, Pembangunan Tahap Dua Balai Sidang Mahesa Kelar

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – Pembangunan tahap dua gedung serba guna Boyolali, yakni Balai Sidang Mahesa‎, Kelurahan Siswodipuran, Boyolali Kota, selesai dibangun. Meski fasilitas pendukungnya masih dalam proses pembangunan, namun gedung tersebut sudah mulai digunakan untuk berbagai kegiatan.

 

Dari pantauan di lokasi, Senin (19/12), gedung serba guna di luas hampir setengah hektare tersebut terdiri dari dua lantai dengan bentuk yang futuristik, yakni berbentuk lingkaran dengan atap berupa kubah bermotif kotak hitam putih. Meski bagian utama, yakni bagian dalam gedung sudah selesai, namun pada bagian luar masih terus dibenahi. Dindingnya masih belum dicat. Sementara untuk lokasi parkir utama di sisi gedung serta di basement atau di lantai pertama gedung masih berupa tanah liat‎.

Kasubag  Potensi Daerah Bagian Perekonomian Setda Boyolali , Marsini‎, menjelaskan, proses pembangunan gedung tersebut dilakukan sejak 2015 lalu dan akan selesai dalam tiga tahap dengan total sekitar Rp 23 miliar. Pada tahun atau tahap pertama pembangunan sebesar Rp 7,09 miliar. Sementara pada tahap dua menghabiskan anggaran Rp 11,26 miliar. Sementara untuk tahap tiga pada 2017 mendatang dianggarkan Rp 5 miliar.

"‎Pembangunan tahap tiga nanti berupa penyempurnaan gedung, diantaranya berupa pembangunan pagar, pavingisasi, pembangunan taman dan  pembangunan  fasilitas lainnya," terangnya.

Meski belum selesai sepenuhnya, sambungnya, namun karena unsur utama gedung sudah‎ rampung, gedung yang mampu menampung 2.000 pengunjung tersebut sudah mulai dipergunakan untuk berbagai kegiatan. Diantaranya festifal Rock   Jawa – Bali tanggal 9 Desember lalu dan kegiatan Pertandingan liga bola Volley Putri. Direncanakan, gedung tersebut rencananya diresmikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, pada Selasa (20/12).

"Balai Sidang Mahesa   ini tidak hanya difungsikan sebagai gedung pertemuan saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, baik pameran kesenian, pameran dagang, maupun event-event olah raga," tandasnya. (R-11)

BERITA REKOMENDASI