Boyolali Luncurkan E-Pangan

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI (KRjogja.com) – Pemerintah Daerah Boyolali meluncurkan sistem informasi berbasis internet, yakni E-Pangan dengan alamat website panganboyolali.info untuk memberikan informasi tentang berbagai harga pangan di Boyolali secara update. System informasi yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu tersebut memberikan informasi harga riil secara detail tentang berbagai komoditas strategis di pasar tradisional di 19 kecamatan di Boyolali seperti beras, bawang, cabai, telur, sayur, gula, susu dan sebagainya secara akurat.

“Informasi harga komoditas tersebut adalah harga riil hasil survey oleh petugas penyuluh pertanian tiap pagi di seluruh pasar tradisional di wilayah Boyolali dengan bertanya langsung pada pedagang. sehingga informasi harga yang disajikan selalu up date,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian (BKP3) Boyolali, Juwaris kepada KRjogja.com, Selasa (12/07/2016).

Dengan adanya informasi tersebut, imbuhnya, bisa menjadi rujukan referensi harga bagi konsumen untuk mengetahui harga-harga pangan di seluruh pasar tradisional di Boyolali. Informasi tersebut juga akan dijadikan sebagai data bagi instansi terkait untuk dasar pengambilan kebijakan dalam menjaga fluktuasi harga ataupun urusan ketahanan pangan di Boyolali.

“Dari informasi tersebut, bisa diketahui perbedaan harga di berbagai wilayah pada waktu yang sama. Misal harga bawang merah di wilayah Musuk dan Cepogo sebesar Rp 20 ribu per kilo, namun harga di wilayah Ampel sebesar Rp 30 ribu per kilo,” tambahnya.

Untuk memperluas saluran informasi, pihaknya merencakan akan mengadakan  papan panel informasi harga pangan  di sejumlah titik strategis, diantaranya di sejumlah pasar tradisional serta di Komplek perkantoran terpadu Kabupaten Boyolali. Saat ini, sIstem informasi tersebut juga sudah disajikan di satu videotron milik Pemkab di pusat kota Boyolali. (M-9)

BERITA REKOMENDASI