Boyolali Raih Penghargaan Bidang HAM‎

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – Atas komitmennya dalam menjaga toleransi dan pemenuhan hak asasi manusia (HAM) kepada warga, Pemkab Boyolali mendapat penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementrian Hukum dan HAM (KemenkumHAM)

Kasubag  Bantuan Hukum dan HAM Setda Boyolali, Yoga Nugroho, Selasa (13/12) menjelaskan, penghargaan yang diberikan langsung oleh Mentri MenkumHAM, Yasonna Laoly pada peringatan hari HAM Sedunia pada 8 Desember lalu di Surabaya tersebut didasarkan pada pemenuhan dan perlakuan HAM yang setara pada seluruh lapisan masyarakat tanpa diskriminasi, antara lain hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman serta memperhatikan  hak perempua‎n dan sebagainya.

‎"Penghargaan ini membuktikan komitmen Pemkab dalam urusan HAM, dimana hak-hak masyarakat dilindungi dan dijunjung sepenuhnya" katanya.

Dijelaskannya, raihan penghargaan ini melalui proses panjang sejak 2015 lalu, ‎dimulai dengan pendataan kegiatan seluruh SKPD yang berkaitan HAM serta penyebaran kuosinoner tentang pemenuhan HAM di masyarakat. Data-data tersebut lalu dievaluasi dan diklarifikasi untuk menentukan apakah Boyolali layak menerima penghargaan tersebut. ‎

‎"Penghargaan ini mudah-mudahan ke depan bisa tetap dipertahankan dan ditingkatkan dalam upaya menjamin hak-hak masyarakat sesuai aturan dan norma hukum yang sejalan dengan nilai-nilai HAM," terangnya.

Diketahui, upaya pemerintah dalam urusan HAM, termasuk hak beragama dan beribadah, selama ini sudah terjaga. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya pembangunan lima rumah ibadah yang saling berdampingan di Komplek Perkantoran Terpadu Setda Boyolali, yakni rumah ibadah ‎‎untuk umat Islam, hindu, Budha, serta Kristen Katolik dan Protestan. (R-11)

BERITA REKOMENDASI