BPBD Siapkan Rencana Kontijensi Hadapi Merapi, Warga Diimbau Tetap di Pengungsian

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Warga di kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi di wilayah Boyolali diimbau tetap berada di pengungsian. Hal tersebut diputuskan setelah dinaikannya status Gunung Merapi dari Waspada atau Level II menjadi Siaga atau Level III beberapa waktu lalu. Persiapan lain yang juga telah dilakukan yakni mengevakuasi warga bila aktivitas Gunung Merapi meningkat.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Bambang Sinungharjo menjelaskan beberapa dusun yang berada di KRB, sebagian masyarakatnya telah mengungsi menjauhi puncak Gunung Merapi. “Untuk yang dievakuasi ini adalah semuanya yang rentan. Adapun yang rentan terdiri dari ibu hamil, anak anak, orang tua dan difabel,” kata Sinung, Minggu, (14/11/2020).

Sementara di Desa Tlogolele terdapat warga Dusun Takeran, Belang dan Stabelan sejumlah 134 orang yang telah mengungsi ke TPPS desa setempat. Selain itu, dari Desa Klakah terdapat 110 warga dari Dusun Sumber dan Bakalan yang mengungsi ke TPPS desa setempat dari penduduk desa sejumlah 2.975 orang.

BERITA REKOMENDASI