BPOM Sita 86 Produk Jamu Ilegal Di Nguter

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – BPOM Jawa Tengah melakukan pengerebekan dan penyitaan terhadap 86 produk jamu ilegal atau tidak berizin berupa obat kuat disalah satu kios di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo, Selasa (05/09/2017). Petugas masih melakukan pemeriksaan dengan meminta keterangan MLM selaku pemilik barang.

Kasi Penyidikan BPOM Jawa Tengah Agung Supriyanto mengatakan, pengerebekan dilakukan setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai keberadaan produk jamu ilegal disalah satu kios di Pasar Jamu, Nguter. Selanjutnya petugas melakukan penyelidikan dan diketahui memang benar ada bukti jamu ilegal. 

"Kami masih melakukan pemeriksaan sebab produk jamu ilegal tersebut belum memiliki izin. Pemeriksaan juga akan kami lakukan berkaitan dengan kandungan jamu. Jamu tersebut merupakan produk jamu kuat dan gigi,” ujarnya.

Hasil sementara pemeriksaan diketahui MLM pemilik produk jamu ilegal telah lama menjalankan usahanya sejak sekitar dua tahun. Jamu tersebut dijual disalah satu kios di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo.  Produk tersebut hanya ditemukan dan dijual di Sukoharjo. Sedangkan produsennya masih dalam pencarian oleh petugas BPOM Jawa Tengah. "Hanya dilakukan penyitaan terhadap produk jamu. Sedangkan pemiliknya tidak ditahan dan kami mintai keterangannya,” lanjutnya.

Guna memastikan kandungan produk jamu maka BPOM Jawa Tengah akan melakukan pemeriksaan di laboratorium. Hasil cek akan dijadikan dasar penindakan. “Pemeriksaan di laboratorium untuk mengecek ada atau tidaknya kandungan bahan kimia,” lanjutnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI