Budidaya Lobster Air Tawar Menjanjikan

Editor: Ivan Aditya

BAGI petani di DIY dan Jateng selatan kini bisa belajar budidaya lobster air tawar dengan sederhana, namun hasilnya maksimal. Untuk mitra tani bisa kapan saja datang kekolam, untuk belajar budidaya lobster air tawar dari awal hingga berhasil.

“Minimal sepekan sekali ada beberapa teman-teman mitra tani yang datang kesini meski sekedar sharing tentang lobster,” ujar Abdul Mu’in pemilik Avatar Farm.

Avatar Farm berada di Dusun Sudimoro RT 07/RW 04 Puluhan Trucuk Klaten Jawa Tengah. Menurut Abdul Mu’in nama Avatar Farm diambil dari nama anaknya Avatar yang terinspirasi film kartun Avatar the legenda of anak yang mengendalikan elemen air, api, tanah, udara untuk menjaga keseimbangan dan kedamaian bumi.

Kini Avatar Farm dijadikan tempat budidaya lobster air tawar, disamping untuk kegiatan rumah tangga juga dijadikan tempat belajar para petani yang peduli dengan budidaya lobster. Abdul Mu’in memulai usaha budidaya lobster air tawar tahun 2017, dengan modal awal Rp. 30 juta di lahan pekarangannya dengan membuat beberapa kolam untuk indukan, tebar dan pembenihan serta konsumsi.

BERITA REKOMENDASI