Buka Akses, Pemkab Sukoharjo Bangun Jembatan Tambakboyo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo siap buka akses warga di Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari dengan membangun sebuah jembatan baru senilai sekitar Rp 15 miliar. Keberadaan jembatan membentang di atas Sungai Bengawan Solo sudah sangat lama dinantikan warga sejak puluhan tahun. Adanya jembatan membuat warga tidak perlu lagi memutar hingga ke Kabupaten Klaten untuk menuju ke wilayah Sukoharjo Kota. 

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suyadi, Minggu (2/2/2020) mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah memastikan diri akan membangun jembatan baru permanen penghubung di Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari pada tahun 2020. Persiapan perencanaan telah selesai dilakukan di tahun 2019 lalu. Total anggaran yang disediakan daerah sebesar Rp 15 miliar. 

Pemkab Sukoharjo berencana membangun jembatan sebagai akses utama bagi warga khususnya di Kadus 1 menuju ke Kadus 2, Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari. Warga kesulitan mengakses karena terhalang Sungai Bengawan Solo. Untuk menyeberang warga sudah sangat lama membutuhkan pembangunan jembatan permanen. Biaya besar membuat pemerintah desa mengalami kesulitan dalam membangun. 

Warga Kadus 1 dan Kadus 2 Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari apabila akan ke Sukoharjo Kota maka terpaksa harus memutar jalan melalui akses di Kabupaten Klaten. Akses tersebut dilakukan mengingat tidak ada jalan lain yang bisa dipakai warga. 

“Proses sekarang persiapan lelang pembangunan jembatan Tambakboyo, Tawangsari sekitar Maret atau April mendatang,” ujarnya. 

Jembatan akan dibangun dengan ukuran 120 meter ditambah jalan pendekat di masing masing sisi sepanjang 30 meter. Total panjang jembatan yang dibangun Pemkab Sukoharjo di Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari 180 meter. 

“Kemungkinan pembangunan jembatan bisa dilaksanakan setelah lelang selesai April mendatang. Dengan catatan proses lelang berjalan lancar dan tidak gagal sehingga perlu digelar lelang ulang,” lanjutnya. 

Kepala Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari Samsul Arifin mengatakan, jembatan baru permanen akan dibangun bantuan dari Pemkab Sukoharjo tahun 2020. Pemerintah Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari masih menunggu realisasi pembangunanyang sudah sangat lama ditunggu warga. 

“Wilayah kami terbelah Sungai Bengawan Solo dan akses penghubung antar Kadus 1 dan Kasud 2 terputus akibat belum ada jembatan. Bantuan pembangunan dari Pemkab Sukoharjo ini sudah sangat lama dinanti warga,” ujarnya. 

Pemerintah Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari sangat lega dengan adanya rencana bantuan pembangunan jembatan. Sebab jembatan tersebut akan membuka akses warga yang sebelumnya terputus. 

“Nanti setelah ada jembatan warga tidak perlu lagi memutar jalan ke Kabupaten Klaten untuk akses antar kadus maupun ke Sukoharjo Kota,” lanjutnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI