Bupati Ajak Murid Sukseskan ‘Gemarikan’

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo bagikan paket menu makan ikan gratis kepada ratusan anak siswa sekolah dasar (SD). Selain itu para ibu juga didorong mengkreasikan menu makanan di rumah menggunakan bahan ikan untuk meningkatkan gizi keluarga. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya daerah dalam peningkatan konsumsi ikan di Sukoharjo.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Kamis (14/11) mengatakan, dalam peringatan hari pangan sedunia Pemkab Sukoharjo mendukung penuh program pemerintah pusat berkaitan dengan percepatan konsumsi ikan. Pemkab Sukoharjo dalam hal ini menjalankan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dengan melibatkan anak usia sekolah dan masyarakat. 

Gemarikan digelar Pemkab Sukoharjo di gedung pusat promosi potensi daerah Graha Wijaya Sukoharjo. Pada kesempatan tersebut Pemkab Sukoharjo membagikan ratusan paket menu makan ikan gratis pada anak usia sekolah. Pembagian diharapkan bisa meningkatkan sekaligus percepatan konsumsi ikan di Sukoharjo.

Tidak kalah penting dalam kegiatan tersebut yakni mengenalkan sejak dini pada anak untuk mengkonsumsi ikan dalam menu makanannya. Ikan dapat dikonsumsi setiap hari sebagai bagian dalam pemenuhan gizi keluarga.

Untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di masyarakat khususnya keluarga, Pemkab Sukoharjo juga menggelar lomba cipta menu. Peserta merupakan ibu ibu PKK di 12 kecamatan. Ikan dipilih karena memiliki sumber manfaat tinggi dalam mendukung kesehatan keluarga. "Makan ikan bersama yang dibagikan Pemkab Sukoharjo ini menjadi bagian dalam mendukung program Gemarikan," ujarnya.

Bupati mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki sumber ikan yang sangat besar di laut. Karena itu stok ikan yang melimpah diharapkan juga diikuti dengan tingginya konsumsi ikan di masyarakat. "Disini peran guru khususnya para ibu untuk mengkreasikan dan memberikan ikan sebagai sumber protein bagi anak dan keluarga di rumah. PKK dalam hal ini juga berperan penting mengkampanyekan gemar makan ikan bagi anggotanya," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI