Bupati Boyolali Panen Bawang Putih Varietas Tawangmangu Baru

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Bupati Boyolali, M. Said Hidayat bersama puluhan petani bawang putih Kecamatan Selo memanen hasil tanamnya pada Senin (19/4/2021). Bawang putih varietas Tawangmangu Baru yang ditanam di Dusun Pasah, Desa Senden, Kecamatan Selo ini merupakan varietas unggulan.

Bupati Said menyambut baik atas hasil panen para petani yang tergabung dalam kelopok tani Argoayuningtani Desa Senden tersebut. Menurutnya, karakteristik tanah antara tempat asal bawang putih yakni Tawangmangu dengan karateristik tanah di Desa Senden tersebut memiliki kesamaan yang dapat dilihat dari hasil panen. Dengan begitu, petani bisa mengadopsi dan mengembangkan varietas baru ini di lahannya.

“Tidak ada salahnya ketika hal yang baik ini kita adopsi untuk kita kembangkan di wilayah setempat, di desa yang lain, sampai kita melihat apakah karakteristik tanahnya ini sama. Ketika karakteristik tanah ini sama, maka sekali lagi tidak ada salahnya untuk kita kembangkan,” ungkap Bupati Said di sela sela panen.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam program ini, siharapkan mampu mendukung kegiatan petani. Sehingga bawang putih mampu dikembangkan di lahan pertanian dengan ketingian 1.300 meter dari permukaan air ini.

“Bawang putih yang tadi kita panen bersama, ini varietas baru mudah mudahan nanti BI bisa memfasilitasi supaya petani bisa beli bibitnya lagi,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI