Bupati Ingatkan Pentingnya Peran Guru

Editor: Ivan Aditya

 

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani hadiri senam sehat dalam rangka peringatan HUT PGRI Ke-74 dan Hari Guru Nasional Tahun 2019. Kegiatan digelar di Lapangan Tenogo Mulyo, Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Jumat (06/12/2019).

Senam bersama diikuti ribuan massa dari pelajar, guru dan pengurus PGRI Kecamatan Gatak. Selain itu juga dihadiri perangkat desa dan masyarakat umum lainnya.

Ketua panitia acara Haryadi mengatakan, banyak kegiatan telah terlaksana dalam peringatan HUT PGRI Ke-74 dan Hari Guru Nasional sejak sekitar Oktober lalu hingga November kemarin. Kegiatan tersebut seperti lomba karya ilmiah, melukis, olahraga bersama dan lainnya.

“Ada banyak peran PGRI dan guru dalam membantu meningkatkan kemampuan siswa didik. Tidak terkecuali membentuk karakter generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, senam bersama diharapkan mampu memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta menumbuhkan rasa kekompakan dan kebersamaan antara semua komponen masyarakat di Sukoharjo.

Wardoyo menambahkan, di era sekarang ini sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks. PGRI sebagai organisasi profesi ditantang agar mampu menggerakan guru, pendidik dan tenaga kependidikan memberikan andil tidak hanya dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, tetapi lebih dari itu harus merasa terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran transformative dalam pengembangan kebijakan pemerintah, pengelolaan program pembangunan di pusat dan di daerah. Selain itu dapat melahirkan berbagai gagasan dan tindakan inovatif sesuai dengan tantangan abad ke-21.

“Pada kesempatan ini saya mengajak kepada para guru dan tenaga pendidik di Sukoharjo untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilannya, berpikir kreatif dan inovatif sehingga mampu memenuhi tuntutan dan tantangan pendidikan sekarang ini,” ujarnya.

Dihadapan ribuan peserta senam sehat bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setingginya kepada seluruh guru, pendidik dan tenaga kependidikan utamanya guru honorer yang selama ini tiada kenal lelah turut berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Sukoharjo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI