Bupati Keluarkan Surat Edaran Kegiatan Budaya Selama Covid

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya keluarkan Surat Edaran (SE) tentang Ketentuan Pelaksanaan Kegiatan di Bidang Sosial Budaya Selama Masa Pandemi Virus Corona. SE dikeluarkan pada 19 Agustus 2020 mengisi sejumlah kebijakan pertemuan serta mobilisasi orang di ruang publik.

SE tersebut bernomor 440/2031/2020 ditujukan kepada kepala badan, dinas, inspektur, direktur RSUD Ir Soekarno, Sekretaris DPRD, Satpol PP, kantor, bagian dan camat. Selanjutnya SE disosialisasikan ke masyarakat.

Bupati menjelaskan, dalam SE yang dikeluarkan berisi enam kebijakan penting. Pertama, pertemuan serta mobilitas orang di ruang publik untuk kegiatan atau acara acara khusus dibidang sosial budaya yaitu penyelenggaraan acara seperti resepsi pernikahan, khitanan, pemakaman, keagamaan, budaya, konser musik, acara olahraga dan sejenisnya yang dilaksanakan di rumah, gedung pertemuan, hotel atau tempat lainnya diberlakukan protokol kesehatan serta harus diatur dengan ketat.

“Isi SE tersebut yang kedua yakni, apabila mengadakan perayaan yang menyebabkan keramaian maka wajib meminta izin yang dikeluarkan dari instansi yang berwenang dan tunduk kepada pedoman pemberian izin sesuai dengan kewenangan masing masing instansi penerbit izin tersebut,” ujar Wardoyo Wijaya, Sabtu (29/08/2020).

Ketiga, apabila mengadakan perayaan atau kegiatan yang menyebabkan keramaian hanya dihadiri paling banyak 50 orang. Keempat, pelanggaran terhadap ketentuan dalam isi SE satu hingga tiga dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kepada seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukoharjo agar mematuhi dan menyebarluaskan ketentuan dalam SE kepada masyarakat. Itu isi kelima dalam SE,” lanjutnya.

Terakhir keenam, Bupati menjelaskan dalam SE disebutkan kepada seluruh camat agar menyampaikan ketentuan dalam SE kepada lurah atau kepala desa di wilayahnya masing masing untuk disebarluaskan kepada masyarakat. (Mam)

BERITA REKOMENDASI