Bupati Klaten Resmikan ASTP Pendamping Rawa Jombor

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRJOGJA.com – Agro Science Techno Park (ASTP) Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten resmi dibuka Bupati Klaten, sri Mulyani, Rabu (30/3/2022). Destinasi tersebut diharapkan menjadi pelengkap obyek wisata Rawa Jombor.

Bupati mengemukakan, keberadaan ASTP mampu membangkitkan ekonomi masyarakat setempat dan turut berkembang seiring pembangunan Rawa Jombor sebagai destinasi wisata unggulan di Klaten.

“Saya berharap ASTP ini dapat dimanfaatkan pelaku ekonomi di wilayah Jimbung dan Kalikotes, sehingga pemberdayaan ekonomi akan tumbuh baik,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, sebagai langkah selanjutnya perlu dilakukan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Pemerintah Desa Jimbung agar ASTP terus berkembang dan tetap eksis. Terlebih lokasi ASTP berada di jalur utama menuju Rawa Jombor.

“Perlu kolaborasi anggaran agar tempat ini akan semakin bagus. Tempat ini merupakan lokasi strategis setelah adanya Rawa Jombor yang dibangun oleh pemerintah. Jalur utama menuju rowo jombor, perlu ditampilkan tempat yang nyaman dan menarik sehingga menjadi paket wisata dengan wisata Rowo Jombor,” jelas Bupati.

Kepala KLMB UGM sekaligus Pembina ASTP Jimbung, Prof. Suratman memaparkan, agro science techno park (ASTP) Jimbung merupakan satu-satunya ASTP yang berada di tingkat desa. Visi dari ASTP tersebut adalah menjadikan wahana inovatif, kreatif, produktif untuk percepatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

“Misi ASTP mengembangkan iptek untuk pengelolaan sumber daya lingkungan geografis, dalam mencapai agro produksi, agro industri, agro teknologi, agribisnis, dan agro wisata. Klaten ini kaya budaya, pengetahuan, dan keramah-tamahan. ASTP Jimbung ini satu-satunya ASTP bertingkat di desa yang berkembang,” jelas Prof. Suratman.

Menurut Prof. Suratman, tujuan dari ASTP Jimbung, untuk mengembangkan sumber daya alam lingkungan. Untuk penelitian dan pengembangan modern berbasis IT dengan aplikasi dalam pembangunan pertanian di Indonesia.

Menciptakan ASTP jimbung sebagai pusat ekonomi baru, dan memfasilitasi, mengkoordinasi antar stakeholders. Selain itu, program unggulan ASTP adalah edukasi training, riset teknologi, taman kuliner dan bermain, gallery expo product dan kolaborasi bisnis. (Sit)

 

BERITA REKOMENDASI