Bupati Minta Kebutuhan Kesehatan Anak Terpenuhi

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Meskipun pemerintah daerah saat ini fokus pada penanganan pandemi, namun kebutuhan generasi penerus harus diperhatikan. Hak anak-anak untuk kekebalan/imunitas dan kesehatan harus dipenuhi.

Hal itu dikemukakan Bupati Klaten, Sri Mulyani dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-28 Tahun 2021 di Pendapa Pemkab setempat, Selasa (29/06/2021). Bupati menyampaikan harapannya terkait dengan pembangunan kependudukan di Kabupaten Klaten ke depan.

Ia mengakui, dalam masa pandemi Covid-19 ini kegiatan-kegiatan sosial dibawah naungan DinsosP3AKB mengalami perubahan signifikan. “Kita akui dengan pembatasan sosial dimasa pandemi ini menyebabkan berhentinya kegiatan posyandu, kelas ibu hamil, kelas Balita, PAUD, atau Bina Keluarga Balita atau kegiatan layanan lainnya sehingga pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita terhenti,” ungkap Bupati.

Adanya pembatasan sosial tersebut membuat pemenuhan hak-hak dasar terutama untuk anak-anak menjadi terhenti. Saat ini pemerintah fokus pada penanganan pandemi namun tidak mengabaikan pemenuhan imunitas anak. Untuk itu Bupati minta Dinkes dan OPD terkait lainnya untuk segera berkoordinasi mengatasi masalah tersebut.

“Kita fokus pada pandemi, tapi generasi kita adalah anak-anak yang baru lahir. Apa yang menjadi haknya anak-anak untuk kekebalan, imunitas, dan kesehatan kedepan, harus kita penuhi. Jangan sampai menjadi sesuatu yang langka. Hal-hal yang penting seperti ini jangan sampai terabaikan. Kita juga harus menyelesaikan lainnya yang menjadi kewajiban kita tanpa melupakan hak anak-anak kita,” tegas Bupati.

Bupati menegaskan kembali pentingnya menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran sekaligus menuntaskan Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Kepala DinsosP3AKB Klaten Muh. Nasir mengemukakan, tujuan khusus kegiatan yang bertema ‘Keluarga Keren Cegah Stunting’ ini adalah, untuk meningkatkan peran stake holder, tokoh masyarakat, dan keluarga dalam pembangunan keluarga. Selain itu, untuk mendongkrak kinerja pengelola dan petugas Bangga Kencana dalam meningkatkan Program Bangga Kencana, dan meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam pencegahan stunting sekaligus mencegah menularnya Covid-19. (Sit)

BERITA REKOMENDASI