Bupati Pimpin 850 ASN Bersihkan Rawa Jombor

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebanyak 850 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Klaten dikerahkan untuk melakukan pembersihan eceng gondog di Rawa Jombor Desa Krakitan Kecamatan Bayat Klaten, Jumat (09/03/2018). Kegiatan dipimpin langsung Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan Sekda Jaka Sawaldi.

Bupati mengemukakan, pembersihan eceng gondok dilakukan bertahap dan terus menerus, sehingga kawaasn Rawa Jombor akan benar-benar bersih. Kawasan tersebut kini terus dilakukan penataan, untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Klaten.

Pantauan KRJOGJA.com di lokasi Rawa Jombor, hampir seluruh kepala organisasi pemerintah daerah (OPD) beserta anak buah mereka terjun langsung untuk mengambil eceng gondok di rawa, lalu diangkat ke daratan. Selanjutnya eceng gondok tersebut ditumpuk di tempat pembuangan akhir.

Kabag Humas Pemkab Klaten Wahyudi Martono, menerjunkan puluhan stafnya untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Hal demikian juga dilakukan oleh para kepala OPD lainya.

Staf Ahli Bupati Klaten Ir Wahyu Prasetyo mengatakan, gotong royong membersikan Rawa Jombor dari enceng gondok sesuai perintah lisan Bupati. Dalam pelaksanaan gotong royong, jajaran ASN yang ditugaskan ke Rawa Jombor berkumpul di halaman Pemkab Klaten pukul 07.00 WIB untuk diberangkatkan secara bersama-sama. Mereka membawa peralatan gotong royong antara lain cangkul, sabit dan keranjang.

Lebih lanjut Wahyu Prasetyo sebanyak 36 OPD di lingkungan Pemkab Klaten wajib menugaskan ASN antara 10 sampai 20 orang untuk mengikuti gotong royong tersebut. “Lokasi untuk gotong royong antara lain di sisi barat, selatan dan sisi timur rawa. Setelah nanti Rowo Jombor bersih dari enceng gondok maka akan dikembangkan menjadi obyek wisata,” jelasnya. (Sit)

BERITA REKOMENDASI