Bupati Teken Surat Edaran, Sekolah di Sukoharjo Libur 14 Hari

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sekolah mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SKB di Sukoharjo akhirnya diliburkan terkait kondisi merebaknya virus corona. Surat edaran (SE) libur sekolah ditandatangani Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya pada Minggu (15/3/2020) malam. Hal tersebut sekaligus menjadi jawaban bagi pihak sekolah dan orang tua murid yang sudah menunggu keputusan resmi Pemkab Sukoharjo.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, benar sudah menandatangani SE nomor 420/1088/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Sukoharjo. SE ditandatangani pada Minggu (15/3/2020) malam. Tertuju kepada kepala sekolah PAUD, TK, SD, SMP dan SKB se Kabupaten Sukoharjo.

SE ditandatangani setelah bupati menggelar rapat bersama pihak terkait. Selanjutnya langsung diinformasikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta sekolah, siswa dan orang tua murid.

“Sekolah di Sukoharjo mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SKB diliburkan terkait kondisi merebaknya virus corona,” ujarnya.

Wardoyo Wijaya menjelaskan, menunjuk SE Gubernur Jawa Tengah nomor 420/0005956 tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pada Satuan Pendidikan Di Jawa Tengah dan dalam rangka upaya pencegahan Covid-19 yang cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu dan menimbulkan dampak keadaan tertentu, maka diperlukan langkah langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergis antar tingkatan pemerintah di Kabupaten Sukoharjo.

Terkait dengan hal tersebut maka guna menghindari adanya penyebaran Covid-19 yang semakin cepat dan meluas di lingkungan satuan pendidikan di Kabupaten Sukoharjo. Dengan kondisi tersebut maka bupati menginstruksikan beberapa hal untuk dilaksanakan satuan pendidikan.

Pertama, menetapkan langkah strategis untuk mengurangi mobilitas warga sekolah melalui penetapan hari libur selama 14 hari mulai Senin (16/3/2020) hingga Mingu (29/3/2020) tahun 2020 pada tingkat pendidikan PAUD, TK, SD, SMP dan SKB. Proses belajar mengajar diselenggarakan dengan model jarak jauh melalui sistem online daring.

Kedua, penetapan kebijakan sebagaimana tersebut akan dilakukan evaluasi sesuai perkembangan status kedaruratan yang diakibatkan oleh penyebaran Covid-19 dan selanjutnya akan diberitahukan kemudian.

Ketiga, lebih lanjut atas hal tersebut diminta kepada saudara melakukan berbagi langkah yang efektif serta efisien dan secara bersama sama meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak untuk melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan berpedoman pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI