Buruh Sukoharjo Terancam Tidak Terima Bantuan Pusat, Kok Bisa?

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Forum Peduli Buruh (FPB) Sukoharjo menyambut baik rencana pemerintah pusat memberikan bantuan kepada pegawai sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Namun, ada beberapa kendala dihadapi pegawai di Sukoharjo dan terancam bantuan tidak bisa diterima. Salah satu diantaranya banyak pegawai belum terdaftar sebagai pekerja di BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua FPB Sukoharjo, Sukarno, Jumat (7/8/2020) mengatakan, FPB Sukoharjo sudah mengetahui adanya program pemerintah pusat berencana memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan kepada pegawai dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Penerima bantuan tersebut termasuk karyawan atau buruh pabrik dimana sudah memenuhi ketentuan syarat gaji di bawah Rp 5 juta per bulan karena masih menerima upah minimum kabupaten (UMK).

FPB Sukoharjo menyambut baik rencana pemerintah pusat dengan memberikan bantuan pada pegawai. Sebab kondisi sekarang ditengah pandemi virus corona justru membuat ekonomi pegawai semakin terpuruk. Daya beli menurun karena rendahnya pendapatan dan besarnya pengeluaran.

BERITA REKOMENDASI