Bus Pariwisata Rombongan Siswa SD Terbakar

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Bus pariwisata membawa penumpang rombongan puluhan siswa SD Wangkal, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur terbakar di Jalan Raya Solo – Jogja di wilayah Desa Tempel, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Rabu (20/12/2017). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan kasus sudah ditangani Satlantas Polres Sukoharjo.

Pembina SD Wangkal, Krembung, Sidoarjo, Jawa Timur, Muhammad Irfan mengatakan, pihak sekolah menyewa bus pariwisata PO Frizha Nopol W 7885 UY untuk membawa siswa melakukan wisata di wilayah Yogyakarta. Rombongan berangkat dari sekolah pada Selasa (19/12/2017) sekitar pukul 21.00.  

Selama di perjalanan tidak ditemukan hal mencurigakan karena semua berjalan aman. Masalah muncul setelah bus masuk di wilayah Tempel, Gatak, Sukoharjo. Disaat itu siswa terganggu dengan bau asap menyengat.  

Kecurigaan itu terbukti setelah pengguna jalan memberikan tanda bahaya ada api dibagian belakang bus kepada pengemudi dan penumpang. Bus kemudian menepi dan menurunkan semua penumpang termasuk barang bawaan.  

Proses evakuasi dilakukan guru secara cepat untuk menyelamatkan seluruh siswa. Disaat itu asap semakin pekat dan api membesar sampai membuat situasi menjadi panik.

Beberapa orang berusaha memadamkan api menggunakan peralatan seadanya namun gagal. Api kemudian membesar dan baru bisa dipadamkan setelah mobil dan petugas pemadam kebakaran dari Sukoharjo datang.

“Api membakar seluruh badan bus sampai gosong. Beruntung siswa dan guru termasuk sebagian barang bawaan selamat semua. Rombongan sementara duduk dan menunggu bus bantuan di Balai Desa Tempel, Gatak ini,” ujarnya.

Meski sudah berusaha namun ternyata saat dilakukan pengecekan masih ada tas barang bawaan yang terbakar. Isinya berupa pakaian dan handphone.

Kabid Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Margono mengatakan, pemadaman kebakaran terhadap bus pariwisata dilakukan oleh petugas dari Sukoharjo dan bantuan Solo. Penyebab pasti kebakaran masih dilakukan penyelidikan oleh petugas terkait.

“Dugaanya kemungkinan kebakaran terjadi karena korsleting pada AC,” ujarnya.

Kapolsek Gatak AKP Yulianto mengatakan, kebakaran bus sudah berhasil dipadamkan. Penanganan kasus sepenuhnya diserahkan kepada Satlantas Polres Sukoharjo.

“Bus yang terbakar sudah dievakuasi dan rombongan melanjutkan perjalanan wisata ke Yogyakarta dengan bus pengganti,” ujarnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI