Cabai Membusuk, Hanya Laku Rp 4 Ribu Per Kg

KLATEN (KRjogja.com) – Petani di Kebondalem Lor, Prambanan, Klaten tidak bisa merasakan melonjaknya harga di pasaran karena hampir separuh cabe di sawah membusuk akibat cuaca buruk.

Petani cabai, Sinem (50)  saat ditemui di sawahnya Selasa (15/11/2016) mengemukakan, pada musim panen saat ini justru menjadi musim paceklik bagi petani cabai. Cuaca yang tidak menentu, dengan guyuran hujan intensitas tinggi akhir-akhir ini telah menyebabkan banyak cabai yang membusuk.

“Meski harga cabai di pasar tinggi, tetapi petani tetap rugi, karean cuaca buruk memebuat cabai busuk ,gagal panen,” kata sinem.

Sinem emanen cabai setiap seminggu sekali dengan cara memilih cabai yang masih bagus. Harga di pasaran cabai bagus bisa laku sekitar Rp 53 ribu per kilogram, namun cabai yang kualitas jelek hanya dihargai Rp 4 ribu per kilogram.

“Dari 2.500 pohon cabai yang ditanam di sawah ini hanya bisa panen sekitar 8 hingga 12 kilogram. Untuk mempertahankan pohon cabai agar tetap bisa berbuah, memaksimalkan pemupukan, sehingga juga perlu biaya tambahan,” jelas Sinem.(Sit)

BERITA REKOMENDASI