Caleg Dilarang Janjikan Aspirasi Pada Pemilih

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Calon Anggota Legistlatif (caleg) dilarang untuk menjanjikan dana aspirasi kepada pemilih atau masyarakat agar bisa menang dalam Pemilu 2019. Bawaslu Sukoharjo mengingatkan hal itu pada para caleg karena sudah ada aturannya dlam Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemiluhan Umum Pasal 280 ayat 1 huruf J.

Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto, Minggu (17/3) mengatakan, dalama aturan tersebut sudah jelas dan tegas adanya larangan terhadap para caleg dengan menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye pemilu. Termasuk diantaranya menggunakan dana aspirasi dari para caleg dengan menjanjikan memberi sesuatu pada para pemilih agar bisa menang dalam pemilu.

Sesuai penggunaanya dana aspirasi akan digunakan untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Artinya tidak perlu ada unsur janji dari caleg pada para pemilihnya karena tampil sebagai peserta pemilu.

“Dalam konteks aspirasi dewan tidak ada persoalan karena sesuai permintaan masyarakat. Namun bila caleg menjanjikan pada pemilih untuk mendapatkan aspirasi tertentu bila terpilih atau menang pemilu dan menjadi anggota dewan maka itu tidak diperbolehkan karena memang sumber dana aspirasi itu dari uang daerah,” ujarnya.

Aturan tersebut harus dipatuhi oleh semua caleh yang tampil dalam Pemilu 2019. Selain itu masyarakat juga perlu paham sehingga tidak mudah terjerumus dalam masalah berkaitan dengan pemilu. (Mam)

BERITA REKOMENDASI