Calhaj Ikut Upacara Peringatan Kemerdekaan

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI (KRjogja.com) – Sebanyak 60 jamaah calon haji mengikuti upacara peringatan kemerdekaan di halaman Asrama Haji Donohudan, Rabu (17/08/2016). Bagi sebagian jamaah calon haji yang berasal dari Kloter 23 asal Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut, upacara kali menjadi momen yang spesial untuk mempertebal dan meneguhkan rasa nasionalisme sebelum berangkat ke tanah suci.

Wakil Sekretaris 2 PPIH Embarkasi Solo, Ahmadi yang menjadi Pembina upacara mengatakan, upacara yang melibatkan calon jamaah haji baru pertama kali dilakukan di Asrama Haji yang dioperasikan sejak tahun 1997 tersebut. Gagasan tersebut muncul karena kebetulan proses pemberangkatan calon jamaah haji bertepatan dengan HUT RI.

"Ini baru pertama kali dilakukan. Tahun-tahun sebelumnya saat proses pemberangkatan tidak pernah berbarengan dengan HUT RI,” kata Ahmadi.

Saat ditawari untuk ikut upacara, antusiasme sebanyak 360 jamaah untuk ikut berpartisipasi sangat besar. Tapi menimbang keterbatasan lokasi, kesehatan jamaah dan faktor lain, dipilihlah dua kelompok, masing-masing laki-laki dan perempuan, untuk mewakili jamaah mengikuti upacara.

“Kebetulan Kloter 23 asal DIY ini sedang tidak ada kegiatan menunggu proses pemberangkatan yang direncanakan akan diterbangkan pada Rabu (17/08/2016) malam,” ujarnya.

Kartono Subari (70), jamaah asal Sleman mengatakan, upacara bendera kali ini sangat spesial sebab ini adalah pertama kali setelah sekian puluh tahun ia mengikuti upacara bendera. Terakhir ia melakukan upacara saat masih bersekolah. Kesempatan tersebut tak ia sia-siakan, selain  untuk menumpuk rasa patriotisme upacara tersebut ia jadikan bekal sebelum berangkat ke tanah suci. (M-9)

BERITA REKOMENDASI