Calon Jamaah Haji Sukoharjo Tidak Tarik Dana Haji

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 839 orang calon jamaah haji asal Kabupaten Sukoharjo batal berangkat haji tahun ini. Pembatalan sesuai kebijakan pemerintah pusat karena kondisi masih pandemi virus Corona. Seluruh calon jamaah haji sampai sekarang tidak melakukan penarikan dana haji dan tetap masuk antrean prioritas pemberangkatan tahun berikutnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan Muhadi, Sabtu (12/6) mengatakan, Kemenag Sukoharjo sudah menerima keputusan pemerintah pusat terkait kebijakan tidak memberangkatkan haji tahun ini karena kondisi masih pandemi virus Corona. Kemenag Sukoharjo kemudian langsung melakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada 839 orang calon jamaah haji yang sebelumnya sudah terdata dan rencananya siap diberangkatkan tahun ini.

Ratusan orang calon jamaah haji Kabupaten Sukoharjo tersebut berasal dari jatah kuota tahun lalu yang belum diberangkatkan dan tambahan tahun ini. Artinya dalam dua tahun terhitung tahun 2020 dan 2021 calon jamaah haji asal Kabupaten Sukoharjo belum diberangkatkan.

“Calon jamaah haji yang gagal berangkat bisa memahami perkembangan situasi sekarang karena masih pandemi virus Corona. Mereka tidak melakukan penarikan dana haji dan tetap masuk antrean sabar menunggu pemberangkatan tahun berikutnya,” ujarnya.

Kemenag Sukoharjo dikatakan Ihsan tetap menjaga komunikasi dengan semua calon jamaah haji yang batal diberangkatkan. Hal itu untuk memantau kondisi perkembangan semua calon jamaah haji sekaligus mempermudah koordinasi.

“Calon jamaah haji tidak menarik dana haji karena sekaligus bisa sebagai tabungan. Dana itu bisa dipakai pemberangkatan haji tahun berikutnya,” lanjutnya.

Ihsan menjelaskan, para calon jamaah haji ini belum melunasi keseluruhan biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH). Sebab, Kemenag Sukoharjo telah menyampaikan pelunasan BPIH menunggu keputusan pemberangkatan dari pemerintah pusat. Sehingga dana yang ada di rekening masing masing calon jamaah haji masih berupa setoran awal. Namun Ihsan mengakui sebagian kecil calon jamaah haji jadwal keberangkatan Tahun 2020 menarik pelunasan dana hajinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, calon jamaah haji Kabupaten Sukoharjo sudah divaksin virus Corona. Vaksinasi virus Corona sudah terlaksana dengan prioritas kepada calon jamaah haji lanjut usia (lansia). Usai divaksin semua calon jamaah haji tetap diminta menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu dilakukan mengingat pemberangkatan calon jamaah haji tahun ini kembali ditunda karena masih pandemi virus Corona.

“Para calon jamaah haji ini masih harus menunggu kebijakan lanjutan pemberangkatan dari pemerintah pusat tahun berikutnya. Sebab tahu ini tidak diberangkatkan meski semua sudah divaksin virus Corona. Calon jamaah haji tetap harus menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena masih pandemi virus Corona,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI