Calon Siswa Baru Diberi Empat Pilihan Sekolah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Calon siswa baru SMP tahun ajaran baru 2022/2023 mendapat kesempatan empat pilihan sekolah dengan rincian dua negeri dan dua swasta. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Warsini, Senin (30/05/2022) mengatakan Siswa nantinya setelah ditetapkan diterima hanya boleh memilih salah satu jalur dan diberikan empat pilihan. Satu sekolah yang dipilih siswa tersebut nantinya akan dipakai untuk bersekolah.

“Calon siswa baru SMP diberi kesempatan memilih empat sekolah. Tapi hanya satu sekolah saja yang harus ditempati saat sudah ditetapkan diterima,” ujarnya.

Calon siswa baru SMP yang sudah dinyatakan diterima wajib menandatangani surat pernyataan bersedia masuk di sekolah dimana pendaftar dinyatakan diterima. Jika pendaftar diterima di SMP pilihan dua, tiga atau empat maka serah terima berkas pendaftaran dilakukan oleh antar petugas sekolah atau bukan oleh pendaftar.

Warsini mengatakan, jika jumlah pendaftar melebihi daya tampung sedangkan jumlah pendaftar jalur lain belum terpenuhi maka pendaftar mengisi kekurangan daya tampung di jalur lain dalam sekolah tersebut. Jika jumlah pendaftar di semua jalur melebihi daya tampung maka pendaftar yang nilainya dibawah passing grade akan digeser ke pilihan berikutnya. Jika ada beberapa pendaftar dengan batas bawah yang sama persis maka diterima semua sesuai jalurnya.

Disdikbud Sukoharjo sudah mengeluarkan petunjuk teknis pelaksanaan PPDB SMP tahun pelajaran 2022/2023. Pelaksanaan PPDB dibagi menjadi empat jalur yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua. Pendaftaran jalur lingkungan akan langsung diterima. Jika terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua atau wali maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua atau wali mengajar. “Pelaksanaan PPDB tetap online seperti tahun sebelumnya dan tidak dipungut biaya atau gratis,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI