Capaian Vaksinasi di Sukoharjo Baru 9 Persen

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemerintah pusat melakukan pengiriman vaksin virus Corona setiap minggu untuk Pemkab Sukoharjo berdasarkan jumlah kebutuhan pelaksanaan vaksinasi virus Corona. Jadwal pengiriman tersebut membuat kegiatan vaksinasi virus Corona tetap bisa dilaksanakan setiap minggu bergulir rutin terhadap sasaran secara bergantian. Secara keseluruhan capaian vaksinasi virus Corona hingga awal Juni 2021 baru sekitar 9 persen dan akan terus ditingkatkan kedepan.

“Pemerintah pusat melakukan pengiriman vaksin virus Corona setiap minggu untuk Pemkab Sukoharjo berdasarkan jumlah kebutuhan pelaksanaan vaksinasi virus Corona,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Sabtu (05/06/2021).

Data vaksinasi virus Corona per Jumat (03/06/2021) pada prioritas pertama yakni tenaga kesehatan telah terselesaikan hingga dosis kedua sebanyak 9.050 orang. Dilanjutkan, kalangan pelayanan publik dengan menyelesaikan suntikan dosis kedua sebanyak 7.923 orang.

Kalangan lanjut usia atau lansia sebanyak 14.163 orang telah menyelesaikan vaksin dosis kedua. Program masih terus berjalan setiap hari dengan penjadwalan diseluruh puskesmas dan rumah sakit rujukan

Sasaran yang telah mendapat suntikan vaksin baik dosis pertama dan kedua tetap diminta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona seperti memakai masker. Hal itu dilakukan mengingat kondisi sekarang masih pandemi virus Corona.

Yunia Wahdiyati mengatakan, angka 9 persen capaian vaksinasi virus Corona jelas sangat kecil, namun demikian akumulasi sementara tersebut sangat disyukuri Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo karena di Kabupaten Sukoharjo sudah melaksanakan vaksinasi virus Corona. Percepatan vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo terkendala ketersediaan vaksin karena sepenuhnya mengandalkan kiriman dari pemerintah pusat.

“Baru 9 persen tentu masih sangat kecil dan butuh tambahan kiriman vaksin virus Corona dalam jumlah banyak untuk menyelesaikan sisa 91 persen. Percepatan vaksinasi memang terkendala vaksin virus Corona karena sepenuhnya mengandalkan kiriman pusat. Tapi itu tetap disyukuri karena di Sukoharjo sudah ada vaksinasi virus Corona,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI