Cegah Anthrax, Pengawasan Hewan Kurban Diperketat

BOYOLALI (KRjogja.com) – Jelang Hari Raya Kurban, warga diimbau tak membeli sapi atau hewan kurban lain yang dijual murah. Biasanya, hewan yang dijual di bawah harga pasar ada kemungkinan terganggu masalah kesehatannya.

Kepala Dinas Peternakan Dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Bambang Jiyanto, Kamis (25/08/2016) menjelaskan ‎masyarakat mesti membandingkan harga hewan kurban yang dijual untuk menghindari adanya sapi yang dijual murah karena kondisinya tak prima atau bermasalah dengan kesehatan.

Terlebih lagi, di wilayah Boyolali mempunyai riwayat penyakit Anthrax yang terjadi beberapa tahun lalu di Desa Karangmojo, Kecamatan Klego. Spora penyakit anthrax mampu bertahan puluhan tahun dan masih bisa menjangkit, sehingga aspek kesehatan hewan benar-benar harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan utama.

"Jangan sampai beli hewan kurban murah, tapi kondisinya tak sehat. Karena itu, petugas kesehatan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di wilayah yang pernah terserang anthrax." (M-9)

 

BERITA REKOMENDASI