Cegah Banjir, Jangan Buang Sampah di Sungai

KLATEN, KRJOGJA.com – Bupati Klaten Sri Mulyani mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di aliran sungai. Sampah yang tertampung dan menumpuk di sungai menjadi penghambat aliran air sehingga memicu terjadinya banjir saat musim penghujan. 

"Sungai-sungai biasanya untuk tempat pembuangan sampah yang sangat mudah. Khususnya bagi ibu-ibu yang menjadi produsennya sampah untuk bisa membuang sampah pada tempatnya, serta memilah dan memilih sampah yang bisa dimanfaatkan," ujar bupati disela meninjau gotong-royong perbaikan tanggul jebol di Desa Karangasem, Kecamatan Cawas, Klaten, Kamis (26/12/2019).

Bupati mengingatkan, saat ini telah memasuki musim penghujan. Sungai-sungai harus bersih dari sampah agar aliran air lancar. Camat dan kepala desa juga harus bergerak mengajak warganya untuk gotong-royong membersihkan lingkungan, khususnya sungai-sungai di wilayahnya.

"Saya berpesan, hujan sekarang ini selalu didahului dengan angin puting beliung, masyarakat harus waspada dan berhati-hati. Jaga kondisi kesehatan dan kebersihan lingkungan," ujarnya. 

Sementara itu, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (25/12/2019) siang sampai sore menyebabkan tanggul sungai yang melintasi Desa Karangasem, Kecamatan Cawas mengalami jebol diterjang banjir. Limpasan banjir menggenangi puluhan hektare sawah di wilayah itu. (Lia)

BERITA REKOMENDASI