Cegah Banjir Susulan, Warga Gotong Royong Perkuat Tanggul

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir susulan, warga di sekitar alur sungai di wilayah Kabupaten Klaten, Minggu (17/3) melakukan gotong-royong memperkuat tanggul.

Kepala BPBD Klaten Dodhy Hermanu mengemukakan, dalam beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi di wilayah Klaten. Sehubungan hal itu, masyarakat terus siaga melakukan perbaikan dan penguatan tanggul di sejumlah titik yang dinilai rawan jebol.

Pada Minggu pagi, banyak dilakukan gotong – royong di berbagai tempat. Antara lain gotong-royong memperbaiki tanggul di dua titik pada alur Sungai Dengkeng. Yakni meninggikan tanggul dan bantaran yang tergerus arus sungai, di perbatasan Desa Bawak Kecamatan Cawas – Desa Planggu Kecamatan Trucuk. Gotong royong ini melibatkan anggota TNI, Polri, petani dan masyarakat. Mereka melakukan penguatan tanggul dengan zak berisi tanah, agar jika sungai banjir tidak meluap.

Selanjutnya, di Desa Talang juga dilakukan gotong royong. Di Desa Kalikebo, Trucuk warga gotong-royong menebangi rumpun bambu yang longsor ke Kali Kuning. Di lojasi tersebut, ada talud yang longsor tergerus air beberapa waktu lalu, namun secara umum sudah tertangani dengan baik. (Sit)

 

 

BERITA REKOMENDASI