Cegah Kecurangan, Karcis Parkir Kendaraan Berstempel Khusus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tarif parkir kendaraan disejumlah wilayah di Sukoharjo sebelum dan sesudah lebaran mengalami kenaikan. Masyarakat juga dibuat resah karena karcis parkir kendaraan yang diberikan petugas tertera stempel lambang Pemkab Sukoharjo dengan tulisan parkir khusus lebaran.

Tarif parkir sepeda motor yang sebelumnya hanya Rp 1.000 naik menjadi Rp 3.000. Hal serupa juga terjadi pada mobil pribadi dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000.

Warga Sukoharjo Yanti, Jumat (30/6/2017) mengatakan, dirinya parkir sepeda motor disekitar Pasar Ir Soekarno Sukoharjo untuk berbelanja mendapatkan karcis parkir dan diminta membayar oleh petugas sebesar Rp 3.000. Tarif tersebut diluar kewajaran karena biasanya hanya Rp 1.000.

Yanti mengaku sempat menanyakannya ke petugas parkir tentang kenaikan tarif. Jawaban yang diterima tarif tersebut diberlakukan khusus sebelum dan selama lebaran.

“Saya baru tahu tarif parkir khusus lebaran. Memang tahun sebelumnya selama lebaran tarif parkir juga naik tinggi. Seharusnya kenaikan itu tidak terjadi dan berharap tahun depan tidak ada pelanggaran lagi,” ujar Yanti.

Warga Kartasura Adi Nugroho mengatakan hal serupa dimana tarif parkir sepeda motor selama lebaran juga mengalami kenaikan. “Saya parkir disekitar Jalan A Yani Kartasura untuk berbelanja juga dikenakan tarif Rp 3.000 padahal biasanya hanya Rp 1.000 atau Rp 1.500,” ujarnya.

Adi semakin penasaran karena dalam karcis parkir tertera stampel Pemkab Sukoharjo. “Saya sempat tanya ke petugas parkir katanya tarif parkir memang naik khusus untuk lebaran dan karcinya juga katanya resmi ada stampel Pemkab Sukoharjo,” lanjutnya.

Kenaikan tarif parkir juga terjadi untuk mobil pribadi di wilayah Kartasura dari sebelumnya Rp 3.000 menjadi Rp 5.000. “Saya parkir mobil untuk makan di rumah makan. Parkirnya memang ditepi jalan dan diminta bayar Rp 5.000,” ujar warga Kartasura Agus Pambudi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Djoko Indrianto mengatakan, tidak benar ada tarif parkir khusus lebaran untuk semua jenis kendaraan. Meski lebaran tarif yang diberlakukan tetap sama seperti sebelumnya.

“Kami belum tahu dan akan melakukan pengecekan ke lapangan. Petugas kami minta turun cek semua lokasi parkir,” ujar Djoko Indrianto.(Mam)

BERITA REKOMENDASI