Cek Instalasi Listrik, Awas Kebakaran

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Masyarakat diminta untuk melakukan deteksi dini terkait ancaman bahaya kebakaran saat kemarau seperti sekarang. Tindakan dilakukan tidak hanya diluar namun juga didalam ruang dengan mengecek kabel instalasi mengingat kasus kebakaran sering disebabkan faktor korsleting listrik.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Minggu (30/8), mengatakan, situasi yang dihadapi pada sekarang ini berbeda dibanding tahun lalu karena bersamaan dengan pandemi virus corona. Kondisi tersebut membuat banyak aktivitas warga berada di rumah. Sedangkan kegiatan masyarakat seperti kerumunan massa tidak terlihat karena adanya larangan sebagai usaha pencegahan penyebaran virus corona.

“Deteksi dini perlu dilakukan masyarakat terkait bahaya ancaman kebakaran. Salah satunya mengecek instalasi kabel listrik. Itu sangat penting mengingat kasus kebakaran sering disebabkan korsleting listrik,” ujarnya.

Pengecekan instalasi listrik bisa dilakukan warga di rumah ataupun para pelaku usaha. Tidak terkecuali bangunan lain seperti sekolah dan perkantoran. Hal itu penting untuk memastikan tidak terjadi korsleting listrik yang bisa menyebabkan kasus kebakaran.

“Aktivitas warga ditengah pandemi virus corona banyak di rumah dan itu mempermudah pemantauan. Tapi bangunan lain seperti sekolah, tempat usaha dan perkantoran yang kosong karena tidak ada aktivitas maka perlu dicek ulang sebagai pencegahan kebakaran,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI