Cetak KTP-el Kedepan Bisa Dilakukan Desa dan Kelurahan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Percepatan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) salah satunya berupa rekam data dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) akan terus dilakukan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Program kedepan dirancang agar masyarakat bisa dilayani ditingkat desa dan kelurahan dan tidak perlu sampai kabupaten untuk menghindari proses panjang dan antrean. Persiapan dilakukan dengan pemenuhan sumber daya manusia dan sarana prasarana.

Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Budi Susetyo, Kamis (3/6/2021) malam mengatakan, pelayanan adminduk terus ditingkatkan salah satunya menyangkut kecepatan. Hal itu sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait percepatan pelayanan pada masyarakat. Dispendukcapil Sukoharjo terus melakukan percepatan Adminduk. Namun demikian upaya percepatan masih terus ditingkatkan dengan merancang layanan ditingkat desa dan kelurahan.

Rancangan tersebut dilakukan untuk memangkas waktu proses pelayanan dan menghindari antrean pemohon adminduk. Sebab selama ini pelayanan adminduk masih terpusat di kabupaten atau di kantor Dispendukcapil Sukoharjo.

Salah satu rancangan percepatan pelayanan adminduk dilakukan terkait KTP-el. Sebab proses cetak KTP-el sekarang masih dilakukan di kantor Dispendukcapil Sukoharjo. Sedangkan rekam data KTP-el sudah bisa dilaksanakan ditingkat kecamatan.

“Percepatan pelayanan adminduk sedang dirancang berupa layanan ditingkat desa dan kelurahan. Jadi tidak terpusat di kabupaten. Pelayanan seperti KTP-el nanti akan bisa dilayani ditingkat desa dan kelurahan tidak perlu ke kabupaten,” ujarnya.

KTP

BERITA REKOMENDASI