Cetak KTP Elektronik Terkendala Material

KLATEN (KRjogja.com) – Terkendala material, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Klaten tidak bisa memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan harapan masyarakat. Untuk minggu ini Pemkab Klaten hanya mendapat jatah 3.000 lembar material cetak KTP. Akibatnya antrian pemohon KTP setiap hari terus berjubel memadati Kantor Dukcapil.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Klaten, Widya Sutrisna, Selasa (27/9/2016) mengemukakan, pihaknya tidak bis berbuat banyak, karena material tersebut sudah dijatah oleh pemerintah pusat. “Hari ini saja kita hanya dapat jatah 3.000, kadang 2.000. Kita mengambil langsung ke pusat,” kata Widya Sutrisna.

Jika setiap harinya ada ribuan warga yang antri di kantor Dinas Dukcapil untuk melakukan perekaman KTP elektronik, justru sebaliknya dengan situasi di kantor-kantor  kecamatan terlihat sepi. Padahal, di kantor kecamatan juga bisa melayani perekaman KTP elektronik,  baik warga setempat maupun warga dari seluruh kabupaten klaten. Hal ini diduga  terjadi dikarenakan minimnya informasi kepada warga, bahwa kantor-kantor kecamatan juga bisa melayani perekaman KTP elektronik.

Camat Klaten Utara, Widowati kepada wartawan mengemukakan, setiap hari Kantor Kecamatan Klaten Utara melakukan pelayanan perekaman data KTP elektronik. Setiap hari rata-rata melayani sebanyak 30 hingga 40 pemohon.
Dengan adanya informasi, bahwa di kantor-kantor kecamatan juga bisa melayani perekaman KTP elektronik, maka pemohon tidak akan terkonsentrasi di Kantor Dinas Dukcapil saja. (Sit)
 

BERITA REKOMENDASI