Covid di Klaten Tembus 247 Pasien, 12 Orang Meninggal

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Jumlah pasien positif Covid 19 di Kabupaten Klaten menembus angka 247 orang setelah pada Kamis (27/08/2020) kemarin terdapat penambahan signifikan, yakni mencapai 27 orang. Pada hari yang sama 2 pasien dinyatakan sembuh, namun penambahan sebanyak 27 orang terkonfirmasi positif dan 1 diantaranya meninggal dunia.

“Jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 247orang. Sebanyak 75 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 160 orang sembuh dan 12 orang meninggal dunia,” kata juru bicara Gusgas PP Covid-19 Klaten, dr Cahyono Widodo MKes.

Pasien sembuh berasal dari Wonosari dan Jatinom. Sedangkan penambahan pasien positif berasal dari Jogonalan, Ceper, Prambanan, Trucuk, Cawas, Karangdowo, Polanharjo, Ngawen, dan Wonosari. Pasien yang dinyatakan sembuh berasal dari Wonosari berinisial ML (62) dan berasal dari Jatinom berinisial S (55).

Penambahan pasien positif baru berasal dari Jogonalan sebanyak 3 orang. Ketiganya kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif covid-19, sehingga dimungkinkan pasien terpapar oleh kasus terkonfirmasi tersebut.

Seorang pasien dari Ceper sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta sehingga dimungkinkan pasien terpapar saat melakukan pekerjaannya di Jakarta. Sedangkan 1 pasien positif dari Prambanan merupakan kontak erat kasus terkonfirmasi positif sehingga dimungkinkan terpapar oleh kasus terkonfirmasi tersebut.

 

Sebanyak pasien dari Trucuk,merupakan kontak erat terkonfirmasi positif covid-19, sehingga dimungkinkan terpapar oleh kasus terkonfirmasi positif tersebut. Saat ini pasien dari Jogonalan, Ceper, Prambanan dan Trucuk sedang menjalani isolasi mandiri dibawah pengawasan tim medis.

Pasien dari Cawas dan Karangdowo dimungkinkan terpapar saat beraktivitas sehari-hari di Klaten. Saat ini pasien Cawas sedang menjalani isolasi mandiri dan pasien Karangdowo sedang dirawat di RSI Klaten.

Pasien dari Polanharjo diketahui hanya beraktivitas di Klaten, dimungkinkan pasien terpapar saat beraktivitas sehari-hari di Klaten, saat ini pasien sedang menjalani perawatan di RSI Klaten. Sementara 1 pasien dari Ngawen sebelumnya telah menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah Jatinom dan meninggal dunia pada tanggal 24 Agustus 2020, hasil test swab keluar tanggal 27 Agustus 2020 menunjukkan terkonfirmasi positif covid-19, dimungkinkan pasien terpapar pada saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten.

Sedangkan 15 pasien positif baru berasal dari Wonosari merupakan kontak erat kasus terkonfirmasi positif covid-19, sehingga dimungkinkan terpapar oleh kasus terkonfirmasi tersebut. Saat ini 8 pasien sedang menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan medis, tiga pasien dirawat di RSUP dr R Soeradji T Klaten, tiga pasien lain dirawat di RSD Bagas Waras Klaten dan satu pasien dirawat di RS dr Oen Surakarta. (Sit/Lia)

BERITA REKOMENDASI