Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspadai Kerawanan Bencana Alam

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo meminta pada masyarakat mewaspadai terhadap segala kerawanan bencana alam yang mungkin terjadi. Sebab perubahan cuaca ekstrem sering terjadi dan sudah ada peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Korban bencana alam dipastikan akan mendapat jaminan penanganan dari pemerintah termasuk penyediaan anggaran sendiri dari daerah oleh Pemkab Sukoharjo.

Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa, Selasa (6/4/2021) mengatakan, setiap orang di Indonesia termasuk masyarakat di wilayah Kabupaten Sukoharjo tetap harus mewaspadai setiap kerawanan bencana alam akibat pengaruh perubahan cuaca ekstrem. Hal itu penting mengingat sudah ada peringatan dini dari BMKG terkait kerawanan terjadinya bencana alam berupa peningkatan curah hujan dan angin kencang.

Agus mencontohkan, beberapa daerah baru saja dilanda bencana alam hingga menimbulkan korban jiwa dan harta benda. Bencana alam tersebut seperti banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. Mengaca dari kejadian tersebut, Agus meminta pada masyarakat di Sukoharjo untuk waspada.

BERITA REKOMENDASI