Cuaca Ekstrem, Pastikan Tanaman Pangan Aman

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo melakukan pemantauan di semua lahan pertanian akibat cuaca ekstrem untuk memastikan stok kebutuhan pokok pangan tercukupi. Sebab kondisi sekarang hampir sepanjang tahun turun hujan dan beberapa bencana alam terjadi. Pemantauan juga untuk memastikan kondisi tanaman pangan baik dan tidak mengalami kerusakan hingga menyebabkan gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno, Kamis (16/6/2022) mengatakan, sudah ada peringatan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian terkait ancaman krisis pangan dunia akibat perubahan iklim. Pemkab Sukoharjo langsung merespon cepat mengingat kewaspadaan sudah dilakukan pemerintah pusat dan berlaku disemua daerah. Krisis pangan terjadi karena tanaman pangan yang diandalkan tidak mampu panen maksimal dampak cuaca ekstrem hingga menimbulkan berbagai bencana.

Bagas menjelaskan, Pemkab Sukoharjo sesuai arahan Bupati Sukoharjo Etik Suryani sudah ada kebijakan terkait stok pangan daerah dengan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Mereka yang dilibatkan seperti Dinas Pertanian dan Perikanan dan Dinas Pangan. Kedua OPD berwenang terkait tanaman pangan dan stok pangan. Selain itu ikut dilibatkan dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Bagian Perekonomian terkait perdagangan bahan pokok khususnya pangan.

“Sampai saat ini kondisi tanaman pangan dan stok pangan di Kabupaten Sukoharjo aman. Namun kami tetap antisipasi dengan pemantauan mengingat cuaca ekstrem sangat berpengaruh dan sudah ada peringatan dari pemerintah pusat terkait krisis pangan dunia,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI