Cuaca tak Menentu, Produksi Ikan Karamba Merosot

SUKOHARJO (KRjogja.com) –  Produksi ikan di karamba Waduk Mulur, Bendosari turun drastis dari  8 ton per bulan menjadi 3 ton per bulan. Penurunan lebih disebabkan karena faktor perubahan cuaca tidak menentu. Akibatnya banyak ikan mati dan membuat rugi petani.

Ketua Paguyuban Kelompok Tani Mina Makmur Waduk Mulur, Catur Joko Prayitno, Minggu (31/07/2016) mengatakan masalah banyaknya ikan mati sudah dirasakan petani sejak awal tahun 2016. Perubahan cuaca dari hujan ke panas dan sebaliknya dari panas ke hujan yang tidak menentu mempengaruhi kondisi kandungan oksigen dalam air.

"Dampak lainnya juga dilihat dengan adanya perubahan drastis pada ikan yang sulit berkembangbiak. Petani sudah berusaha keras untuk mengembalikan jumlah produksi ikan akan kembali meningkat. Namun usaha tersebut sering gagal setelah banyak ditemukan ikan mati.

Menrut Catur guna  meminimalisir terjadinya kematian pada ikan para petani memilih mengambil cara dengan memberikan pakan secukupnya. Apabila diberikan dalam jumlah banyak dan tersisa maka bisa menjadi sumber racun dan menyebabkan ikan mati. Pembatasan pakan berpengaruh pada lambatnya pertumbuhan ikan sekarang. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI