Curah Hujan Masih Tinggi, SAR Terus Siaga

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Curah hujan tinggi disertai angin kencang masih berpotensi terjadi sampai akhir Maret mendatang. Peralihan cuaca dari musim penghujan ke kemarau diperkirakan baru akan terjadi pada April atau Mei mendatang.

Wakil Komandan SAR Sukoharjo Muclis mengatakan, sekarang ini kondisi cuaca di Sukoharjo memang masih sering turun hujan dengan intensitas tinggi. Bahkan dibeberapa wilayah juga diketahui ada angin kencang. Meski demikian kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban baik kerugian materiil maupun jiwa.

"Kondisi cuaca sekarang di Sukoharjo sedang ekstrim karena sampai akhir Maret mendatang masih berpotensi hujan deras dan angin kencang. Tapi beruntung tidak sampai ada kejadian bencana alam besar di Sukoharjo," ujar Muclis kepada KRJOGJA.com, Selasa (20/03/2018).

Prioritas utama pemantauan dilakukan SAR Sukoharjo dibeberapa sungai atau kali seperti Kali Jlantah, Kali Samin, Kali Jenes, Kali Langsur dan Sungai Bengawan Solo sebagai penyebab terjadinya banjir. Posisi air di sungai dan kali tersebut tinggi dan mengalami peningkatan signifikan setelah turun hujan deras dalam beberapa hari.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir kiriman dari luar daerah maka SAR Sukoharjo mengintensifkan koordinasi dan komunikasi dengan petugas lainnya seperti dari Karanganyar, Wonogiri dan Klaten.

Khusus untuk tempat pengungsian warga korban banjir tidak hanya ditempatkan di tanggul namun juga di balai desa dan kecamatan. Masyarakat sudah paham dan terpola kemana harus menyelamatkan diri saat banjir datang. (Mam)

BERITA REKOMENDASI