Curah Hujan Meningkat, Sukoharjo Waspada Banjir

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Curah hujan diperkirakan mengalami peningkatan dan berpotensi menyebabkan banjir mulai Desember 2020 hingga Februari 2021 mendatang. Pada saat ini sejumlah aliran sungai di Sukoharjo rawan meluap. Salah satunya Sungai Bengawan Solo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Senin (12/10/2020), mengatakan, ada perkembangan terbaru informasi dari BMKG dimana diperkirakan curah hujan mengalami peningkatan pada Desember 2020. Selain itu puncak hujan diprediksi terjadi pada Januari-Februari 2021 mendatang. Dalam rentang waktu tiga bulan tersebut diwaspadai muncul potensi bencana alam salah satunya banjir.

BPBD Sukoharjo pada kondisi sekarang terus melakukan pemantauan wilayah mengingat pada Oktober-November baru awal peralihan musim dari kemarau ke hujan. Pada kondisi ini curah hujan turun disejumlah wilayah di Sukoharjo masih rendah. Meski begitu, petugas meminta pada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam lainnya berupa angin kencang.

“Kondisi awal peralihan yang diwaspadai justru angin kencang karena terjadi perubahan dari musim kemarau ke hujan. Curah hujan baru meningkat pada Desember 2020 dan puncak hujan diperkirakan Januari-Februari 2021 mendatang,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI