Daerah Aliran Sungai Jadi Sasaran Penghijauan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Penanaman pohon secara massal diselenggarakan oleh berbagai pihak dengan mengambil dibeberapa tempat seperti di wilayah perbukitan dan daerah aliran sungai. Kegiatan digelar dalam rangka penghijauan sekaligus melestarikan alam dari ancaman gangguan kerusakan lingkungan.

Sekretaris Lingkungan Hidup Sukoharjo Bambang Darminto, Minggu (23/12)mengatakan, penghijauan dengan menggelar penanaman pohon secara massal diselenggarakan oleh sejumlah pihak dibeberapa tempat sebagai bagian melestarikan lingkungan. 

Salah satunya seperti digelar di wilayah Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto kemarin. Total ada sekitar 10.000 pohon berbagai jenis seperti buah dan tanaman keras ditanam bersama dengan melibatkan warga dan sejumlah pihak terkait.

Penanaman pohon di Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto menitikberatkan pada pemulihan daerah aliran sungai. Hal itu dilakukan mengingat kondisi disekitar sungai sangat memprihatinkan. Kelestarian alam dan ekosistem di dalam tetap harus terus dijaga.

"Masih butuh penanganan serius untuk mengembalikan kelestarian alam di daerah aliran sungai. Usaha sudah dilakukan pemerintah dengan menanam pohon termasuk juga penanganan secara fisik bangunan," ujarnya.

Salah satu daerah aliran sungai paling disorot yakni disepanjang Sungai Bengawan Solo yang melintasi beberapa wilayah di Sukoharjo. Dibeberapa titik bahkan ditemukan kerusakan berupa tebing sungai longsor atau tergerus arus air karena tidak adanya penahan baik berupa perakaran pohon dan talud pengaman. (Mam)

BERITA REKOMENDASI