Daftar Ulang Siswa, PPDB Online SMP di Sukoharjo Berakhir

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) online SMP tahun ajaran baru 2021/2022 memasuki tahap akhir pengumuman dan daftar ulang. Jalur pendaftaran yang disediakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo telah ditutup sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kepala Disdikbud Sukoharjo Darno, Minggu (4/7/2021) mengatakan, ada lima jalur yang dibuka dalam pelaksanaan PPDB online SMP. Jalur tersebut meliputi, jalur lingkungan RW, jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua. Masing-masing jalur jumlah siswa yang mendaftar angkanya berbeda. Pendaftaran jalur tersebut telah ditutup sesuai jadwal yang ditentukan Disdikbud Sukoharjo.

Data sesuai perkembangan melalui http:ppdb-sukoharjo.net. per 24 Juni 2021 pukul 11.43 WIB diketahui total ada 2.062 orang calon siswa telah mendaftarkan diri. Mereka mendaftarkan diri melalui jalur lingkungan RW karena letak rumah masih berada di lingkungan RW sekolah.

Darno menambahkan, statistik jumlah pendaftar berdasarkan pilihan melalui http:ppdb-sukoharjo.net. update terakhir pada 30 Juni 2021 pukul 15.18 WIB diketahui real seleksi total untuk empat jalur meliputi jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua total ada 6.858 orang calon siswa. Rinciannya, jalur afirmasi 1.840 orang calon siswa, jalur zonasi 4.477 orang calon siswa, jalur prestasi 501 orang calon siswa dan jalur perpindahan tugas orang tua 40 orang calon siswa.

“Jadwal pengumuman dan daftar ulang 2,3 dan 5 Juli. Tahapan PPDB online SMP sudah berjalan lancar. Hari pertama masuk sekolah 12 Juli,” ujarnya.

Alur pendaftaran PPDB online SMP dimulai dari siswa hanya boleh memilih salah satu jalur dan diberikan empat pilihan, untuk pilihan 1,2,3 wajib diisi SMP negeri dan pilihan keempat bisa diisi SMP negeri atau swasta. Jika jumlah pendaftar melebihi daya tampung sedangkan jumlah pendaftar jalur lain belum terpenuhi, maka pendaftar mengisi kekurangan data tampung di jalur lain dalam sekolah tersebut, jika jumlah pendaftar di semua jalur melebihi daya tampung, maka pendaftar yang nilainya dibawah passing grade akan digeser ke pilihan berikutnya. Jika ada beberapa pendaftar dengan batas bawah yang sama persis maka diterima semua sesuai jalurnya, menandatangani surat pernyataan bersedia masuk di SMP dimana pendaftar dinyatakan diterima.

“Jika pendaftar diterima di SMP pilihan 2,3 dan 4 maka serahterima berkas pendaftaran dilakukan oleh antar petugas sekolah atau bukan oleh pendaftar,” lanjutnya.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Warsini, mengatakan, PPDB tingkat SMP digelar secara online. Calon peserta didik baru bisa mengakses melalui http:ppdb-sukoharjo.net. Pihak sekolah juga memberikan informasi resmi dengan memasang papan pengumuman. Pelaksanaan PPDB tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengingat sekarang masih pandemi virus Corona.

Data dari http:ppdb-sukoharjo.net. diketahui total ada 50 SMP negeri dan swasta menggelar PPDB online. Rinciannya, 41 SMP negeri dan sembilan SMP swasta. Calon peserta didik baru wajib mengikuti setiap tahapan PPDB online yang dimulai pada 14 Juni lalu.

“Dimulai dari pra PPDB online setelah mendaftar secara online maka calon siswa harus datang ke sekolah pilihan pertama. Selanjutnya calon siswa mengikuti tahapan yang sudah ditentukan sesuai jadwal,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI