Dampak Corona, Sudah Ada 411 Buruh Pabrik di PHK dan 25 Orang Dirumahkan

KLATEN, KRJOGJA.com – Ratusan buruh di Kabupaten Klaten terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Hingga senin (6/4) jumlah buruh terkena PHK mencapai 411 orang, dan 25 orang dirumahkan. Sedangkan 700 orang lainya tekena pembatasan kerja. Selain itu, para pedagang kecil terpuruk dan banyak yang tutup.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disprinaker) Klaten Slamet Widodo mengemukakan, data korban PHK tersebut sudah dikirimkan ke pemerintah pusat pada Sabtu pekan kemarin, untuk mendapat prioritas kartu pra kerja. Selain itu pihaknya juga berupaya mempertemukan antara buruh yang di PHK dengan pihak perusahaan lain yang masih bisa menampung.

“Sasaran utama kartu pra kerja adalah korban PHK karena dampak Covid 19. Jadi ya ada perusahaan yang kolaps tetapi ada sebagian lain yang siap menampung,” kata Slamet Widodo.

Slamet Widodo menambahkan, ada juga buruh yang dirumahkan sebanyak 25 orang. Sedangkan yang dilakukan pembatasan kerja sebanyak 700 karyawan, mulai tanggal 1 hingga 19 April, sehingga mulai tanggal 20 April sudah akan bekerja seperti biasa lagi.

“Dari 411 orang tadi, 335 orang dari satu perusahaan. PHK di PT JJ Gloves, untuk pembatasan kerja 700 orang di PT SCE. Kami sudah turunkan tim untuk job canvassing, dan sudah punya nomor-nomor kontak HRD dan email perusahaan. Jadi setiap ada perkembangan apapaun di perusahan-perusahaan kami minta segera lapor ke dinas,” jelas Slamet Widodo pula.

BERITA REKOMENDASI