Dampak WFH, Angka Ibu Hamil di Sukoharjo Naik

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Angka kehamilan di Sukoharjo mengalami peningkatan setelah diberlakukan kebijakan work from home (WFH) akibat pandemi virus corona. Kondisi tersebut dikhawatirkan berdampak pada ledakan jumlah penduduk. Petugas melakukan antisipasi dengan persiapan penanganan agar dalam proses melahirkan ibu dan anak selamat. Tindakan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pemerintah.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Sukoharjo Proboningsih Dwi Danarti, Jumat (08/05/2020) mengatakan, terkait dengan kehamilan dan kerawanan ledakan jumlah penduduk sudah dilakukan penanganan bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Sukoharjo bersama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lain dan instansi terkait. Kondisi sekarang diketahui ada peningkatan angka kehamilan disejumlah wilayah di Sukoharjo.

Peningkatan tersebut diketahui dari data petugas di lapangan termasuk laporan medis. Petugas sudah melakukan penanganan berupa pemeriksaan dan pemantauan terhadap ibu hamil tersebut. Hal ini penting mengingat sekarang masih dalam kondisi pandemi virus corona.

“Kondisi sekarang berbeda dibanding sebelumnya karena ada penyebaran virus corona membahayakan termasuk bagi ibu hamil. Disisi lain adanya pandemi membuat masyarakat sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah setelah diterapkan WFH. Angka kehamilan sekarang mulai meningkat meski belum signifikan dan kemungkinan semakin meningkat Mei Juni nanti,” ujarnya.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sukoharjo Tri Tuti Rahayu mengatakan, penerapan kebijakan WFH akibat pandemi virus corona sangat berpengaruh bagi masyarakat khususnya pasangan suami istri. IBI Sukoharjo memperkirakan dalam sembilan bulan kedepan ada peningkatan angka kehamilan dan ibu melahirkan sebesar 10 persen. Perkiraan tersebut berdasarkan adanya peningkatan ibu hamil sekarang sejak penerapan WFH.

BERITA REKOMENDASI