Danone Bangun Boiler Biomassa Pertama di Jawa Tengah

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Untuk mengurangi jejak karbon, Pabrik Sarihusada Prambanan, Klaten, membangun fasilitas Boiler Biomassa pertama di Jawa Tengah. Peletakan batu pertama dilakukan Senin (26/4/21) oleh Operation Director Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia, Azmin Hasmat bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten, Agus Suprapto.

External Relation East Region Danone Indonesia, Rony Rusdiansyah mengemukakan, Boiler Biomassa adalah alternatif teknologi ramah lingkungan. Energi yang dihasilkan berasal dari sumber alami yang dapat diperbarui berupa unsur biologis, seperti organisme mati ataupun tanaman hidup. Bahan biomassa mudah ditemukan, berupa sekam padi, tongkol jagung, cangkang kelapa, limbah pertanian, limbah pengolahan kayu, maupun limbah industri.

Operation Director Danone SN Indonesia, Azmin Hasmat mengatakan, upaya ini dilakukan sebagai kontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Danone di tingkat global berupaya menjadi Perusahaan Karbon Netral pada tahun 2050. Melalui pengurangan jejak karbon, praktik pertanian ramah lingkungan, mengeliminasi alih tutupan lahan dalam rantai pasok dan carbon offsetting.

Fasilitas Boiler Biomassa ini dibangun pada lahan seluas 3.000 meter persegi, dalam area Pabrik Sarihusada Prambanan. Boiler yang akan siap beroperasi akhir tahun 2021 ini akan mensuplai kebutuhan steam dari kegiatan produksi hingga 40.000 ribu ton per tahun. “Bahan bakarnya adalah 13.000 ton sekam padi/tahun yang didapat dari sekitar lahan pertanian sekitar pabrik. Selain menurunkan jejak karbon secara signifikan, operasional Boiler Biomassa ini juga akan membawa manfaat dan pemberdayaan kepada masyarakat setempat. Klaten sebagai salah satu lumbung padi Propinsi Jawa Tengah memiliki potensi limbah pertanian yang besar,” kata Azmin.

BERITA REKOMENDASI