Dari Tirakatan Hingga Pagelaran Wayang Kulit untuk Rakyat

KLATEN (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar tirakatan peringatan HUT RI ke 71 di Pendopo Pemkab setempat, Selasa (16/8/2016) malam. Kegiatan ini diikuti bupati dan wakil bupati bersama muspida, pegawai, legislatif, dan tokoh masyarakat.

Selain memperingati HUT RI ke 71, kegiatan tersebut juga dalam rangka peringatan Hari Jadi Klaten ke 212. Malam tirakatan dijadwalkan dimulai sekitar pukul 22.00 WIB. Kegiatan akan diisi dengan ceramah, doa bersama, dan dilanjutkan renungan suci.

“Untuk renungan suci dimulai pukul 24.00 WIB bertempat di Taman Makam Pahlawan Ratna Bantala di Desa Sumberejo, Klaten Selatan,” ujar Ketua Umum Peringatan Hari Jadi Klaten ke 212 dan HUT RI ke 71, Bambang Sigit Sinugroho, Senin (15/8/2016).

Dikatakan, pada tahun 2016 ini, rangkaian Peringatan Hari Jadi Klaten ke 212 dan HUT RI ke 71 digelar secara sederhana namun meriah. Setidaknya ada sebanyak 23 jenis kegiatan yang dimulai sejak 28 Juli hingga 27 Agustus.

“Kegiatan yang sudah berlangsung yakni upacara Hari Jadi Klaten, ziarah makam, olahraga, hingga berbagai lomba yang melibatkan jajaran pegawai hingga kalangan legislatif,” ujarnya.

Selanjutnya kegiatan lain yakni malam tirakatan, malam resepsi, upacara HUT RI, hingga pergelaran budaya yang meliputi Klaten Lurik Carnival, pergelaran ketoprak, karnaval pembangunan, dan ditutup dengan pergelaran wayang kulit. (M-7)

BERITA REKOMENDASI