Dekranasda Sukoharjo Dorong Kemajuan UMKM

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kerajinan memiliki peran penting untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) termasuk pemerintah berkaitan dengan upaya peningkatan ekonomi masyarakat. Peranan tidak kalah penting yakni mengurangi angka pengangguran karena usaha kerajinan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sukoharjo Etty Suryani saat memberikan sambutan dalam acara HUT Dekranasda Sukoharjo Ke-38 Tahun 2018 di Gedung Gelar Potensi Daerah Graha Wijaya Sukoharjo, Minggu (11/03/2018) mengatakan kerajinan dalam berbagai bentuk memiliki banyak peranan baik bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM dan pemerintah. 

"Banyak produk yang sudah dihasilkan oleh pelaku UMKM dengan menghasilkan kerajinan. Peranan penting kerajinan bisa dilihat dengan banyaknya pelaku UMKM membuka berbagai jenis produk. Keberadaanya mampu menopang ekonomi masyarakat. Kerajinan yang dihasilkan dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat."

Dekranasda Sukoharjo, kata Etty Suryani sudah memberikan bantuan dan fasilitasi bagi pelaku UMKM. Salah satunya seperti pendampingan dan pembinaan agar keberadaan mereka tetap terus ada.

"Dekranasda dengan Pemkab Sukoharjo juga memfasilitasi pelaku UMKM dalam pengembangan pemasaran produk. Itu dilakukan produk yang dihasilkan semakin dikenal dan laku dijual," ujar Etty Suryani.

Pengembangan pemasaran tersebut yakni dengan mengajarkan pelaku UMKM memasarkan produk menggunakan online internet dan tidak lagi manual. Cara tersebut dilakukan mengikuti perkembangan jaman. Sebab sudah banyak pelaku usaha menjual produknya dengan sistem online. 

"Masyatakat juga sudah terbiasa melakukan transaksi seperti itu demi kemudahan. Sudah banyak pelaku UMKM Sukoharjo dalam memasarkan produknya menggunakan cara online. Hasilnya sudah terlihat mereka semakin maju. Produk kerajinan yang dihasilkan laku terjual," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI