Desa dan Kelurahan di Boyolali Dilengkapi Peta Kartometrik

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Hingga akhir tahun nanti, seluruh desa dan kelurahan di Boyolali ditarget sudah memiliki peta kartometrik sehingga memiliki informasi administratif berupa luas hingga batas wilayah yang jelas antar desa/kelurahan. 

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Boyolali, Nur Khamdani, Selasa (5/9) kemarin menjelaskan, sampai dengan 2015 lalu, baru 67 dari 267 desa/kelurahan se-Boyolali yang sudah memiliki peta kartometrik, yakni peta wilayah yang dibuat berdasar kesepakatan. Tahun ini dengan fasilitasi Badan Informasi Geospasial (BIG), seluruh desa/kelurahan di Boyolali diharapkan sudah mempunyai peta kartometrik. 

"Nanti akan didapatkan garis batas administrasi Desa/Kelurahan yang jelas untuk untuk mengidentifikasi batas informasi batas wilayah berdasarkan kesepakatan antar desa/kelurahan yang bersebelahan dalam bentuk peta administrasi," terangnya. 

Dengan sistem pemetaan menggunakan citra satelit beresolusi tinggi tersebut, wilayah desa/kelurahan juga akan akan dilengkapi dengan informasi titik koordinat sebagai referensi geografis. Adanya peta baku wilayah desa/kelurahan tersebut juga akan menjadi acuan untuk pembuatan peta tematik lain, misal peta potensi unggulan, peta bencana, dan sebagainya.  (Gal)

BERITA REKOMENDASI