Desa Gedangan Kecamatan Grogol Batal Gelar Pilkades

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Desa Gedangan Kecamatan Grogol batal menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) pada Kamis (08/12/2016). Pembatalan terjadi setelah Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) membubarkan panitia penyelenggara pilkades. Dengan demikian maka dari 14 desa hanya ada 13 desa saja yang tetap menyelenggarakan pilkades sesuai jadwal.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Rabu (07/12/2016) mengatakan, rencana awal pilkades akan digelar di 14 desa di sembilan kecamatan pada Kamis (08/12/2016). Namun dalam perjalanannya khusus di Desa Gedangan Kecamatan Grogol dibatalkan karena BPD membubarkan panitia penyelenggara.

Sesuai aturan dalam persiapan pelaksanaan pilkades BPD membentuk panitia tingkat desa. Tanpa ada panitia maka tidak bisa terlaksana pemilihan. “Pemerintahan di Desa Gedangan Kecamatan Grogol tetap dipegang oleh Pj Kepala Desa. Pejabat lama tetap berjalan sambil menunggu perkembangan,” ujar Agus Santosa.

Pembatalan penyelenggaraan pilkades di Desa Gedangan Kecamatan Grogol membuat kaget Pemkab Sukoharjo. Sebab segala proses dan tahapan telah dilalui dan tinggal menunggu pelaksanaan saja yang kurang dari satu hari. “Di Gedangan Pilkades batal dan akan ikut tahapan ulang selanjutnya,” lanjutnya.

Seperti diketahui sebagian warga di Desa Gedangan Kecamatan Grogol menolak hasil seleksi tambahan calon kepala desa yang ikut dalam pilkades. Warga menduga ada kecurangan sehingga banyak calon yang tidak lolos. Penolakan warga dilakukan dengan melakukan aksi demo besar ke kantor Pemkab Sukoharjo, Senin (05/12/2016). Warga juga mendesak kepada BPD untuk ikut melakukan penolakan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI