Desa Gumpang Maju Lomba Habitat Provinsi Jawa Tengah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura ditunjuk mewakili Kabupaten Sukoharjo maju dalam Lomba Habitat tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019. Persiapan terus dilakukan sebelum tim penilai datang melakukan penilaian soal pengentasan masalah lingkungan kumuh. Pemkab Sukoharjo memasang target bisa kembali juara setelah kali terakhir gelar diraih pada tahun 2016 lalu.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Sukoharjo Suraji didampingi Kabid Perumahan DPKP Sukoharjo Ibnu Tjahyana mengatakan, Pemkab Sukoharjo pada tahun 2019 kembali tampil dalam Lomba Habitat Provinsi Jawa Tengah dengan menunjuk Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura. Pada lomba tahun ini Pemkab Sukoharjo pasang target tinggi menjadi juara pertama. Target tersebut dipasang karena sudah tiga tahun gelar juara lepas diraih Pemkab Sukoharjo.

Persiapan terus dilakukan Pemkab Sukoharjo agar target tersebut bisa direalisasikan. Salah satu yang sedang disiapkan yakni dengan menyusun proposal untuk diajukan dalam tim penilaian ditingkat Provinsi Jawa Tengah. Selain itu juga melibatkan pihak desa dan masyarakat setempat.

"Target kita memang tinggi bisa dapat gelar juara pertama karena terakhir dapat tahun 2016 lalu. Setelah tiga tahun lepas maka persiapan harus semakin matang agar bisa merealisasikan target," ujarnya di Sukoharjo, Kamis (22/08/2019).

Target tinggi juga menjadi pemacu semangat bagi Pemkab Sukoharjo pada keikutsertaan Lomba Habitat tahun ini. Pada tahun 2016 lalu saat mendapat gelar juara pertama diraih pada saat Bidang Perumahan masih gabung di Dinas Pekerjaan Umum. Namun sekarang sudah berdiri sendiri menjadi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP).  "Karena sudah jadi dinas sendiri maka target juara jelas realistis," lanjutnya.

Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura sengaja ditunjuk Pemkab Sukoharjo karena memiliki kelengkapan syarat ikut serta. Salah satunya seperti masih adanya satu kawasan yang dianggap kumuh. Kawasan tersebut kemudian dilakukan penataan sehingga kesan kumuh hilang. Selain itu di Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura sudah memiliki Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recyle atau mengurangi, menggunakan dan daur ulang (TPS3R).

"Posisi sekarang masih tahap awal berupa penyusunan proposal yang akan diajukan ke tim penilai provinsi. Peninjauan lokasi juga sudah dilakukan tim gabungan dari Pemkab Sukoharjo," lanjutnya.

Kepala Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura Dwi Mogol Nuryanto mengatakan, Pemerintah Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura siap mengikuti lomba mewakili Kabupaten Sukoharjo dalam Lomba Habitat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019. Lomba digelar dalam bidang penanganan lingkungan kumuh. Lokasi lomba dipilih di wilayah Dukuh Windan.

Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura telah mempersiapkan dalam menghadapi penilaian lomba. Bentuknya seperti kelengkapan infrastruktur, penghijauan taman, pemberdayaan masyarakat, pengelolaan sampah melalui TPS3R, IPAL, sarana air bersih dan lainnya. "Tim gabungan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sukoharjo sudah datang dan melakukan persiapan penyusunan proposal penilaian," ujarnya.

Penilaian awal akan dilakukan tim penilai dari provinsi melalui proposal yang diajukan para peserta. Total ada 35 kabupaten kota di Provinsi Jawa Tengah ikut serta dan akan dilakukan penilaian semua. Selanjutnya dari jumlah tersebut akan diambil sekitar sembilan atau sepuluh tim peserta untuk selanjutnya dilakukan peninjauan tim penilai dilakukan penilaian. (Mam)

BERITA REKOMENDASI